Laman

Minggu, 17 Mei 2015

4 Fakta Menarik Tentang Logo Android

Hal menarik dari android
Siapa yang tidak kenal dengan nama Android sebuah brand ternama yang sudah mendunia dengan karya yang dimilikinya. Yap, Android adalah karya google yang sudah tidak asing lagi bagi kita pengguna handphone zaman sekarang dan yang sekarang sering kita sebut smartphone, yang memiliki segudang fitur-fitur yang akan terus bertambah dan sangat berguna. Android memiliki logo yang sangat khas dengan bentuk yang unik dan dibaluri warna hijau, akan sangat memudahkan kita untuk mengingat logo tersebut dalam jangka waktu yang sangat panjang.

Tidak hanya android saja sebenarnya yang memiliki logo unik dan khas, semua perusahaan besar lainnya pasti memiliki logo yang khas yang akan menjadi identitas bagi perusahaan tersebut. Akan tetapi yang akan saya bahas di sini adalah logo Android yang memiliki beberapa fakta yang mungkin tidak kalian ketahui. Lalu apa fakta menarik tentang logo Android? Berikut ulasannya.

1. Terinspirasi dari Simbol Toilet
Fakta menarik yang pertama adalah pembuat atau desainer logo android terinspirasi dari simbol toilet yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa logo android diciptakan oleh seorang desainer yang bernama Irina Blok. Berbagai sumber yang ada diketahui bahwa pada saat mendesain logo android tersebut, Irina mendapat inspirasi dari sebuah hal yang sederhana yaitu simbol toilet yang ada pada perusahaan Google.

Simbol yang sering dijumpai pada saat ingin memasuki toilet, menjadi inspirasi Irina untuk membuat logo android. Dengan sedikit memodifikasi beberapa bagian seperti menambahkan antena pada bagian atas kepala dan lainnya yang sampai akhirnya terciptanya logo android yang unik dan sangat khas sekali.

2. Awalnya Bukan untuk Logo Android
Fakta yang kedua ini memiliki berbagai versi yang berbeda, ada yang mengatakan bahwa Irina Blok yang menciptakan logo tersebut hanya untuk dirinya sendiri dan juga ada yang berpendapat bahwa ditujukan untuk pengembang.

Akan tetapi, Irina mengaku bahwa ia benar-benar tidak menyangka kalau logo yang dia ciptakan atau yang sering disebut si robot hijau ini, akan menjadi sebuah logo yang sangat unik dan menjadi sebuah brand yang besar. Karena pada saat membuat logo tersebut Irina mengaku tidak benar-benar serius merancang si robot hijau tersebut untuk menarik perhatian.

3. Sederhana Menjadi Kuncinya
Fakta yang menarik berikutnya adalah bahwa logo yang sudah sangat terkenal dan tidak asing lagi di seluruh dunia ini, hanya dibuat dengan teknik sederhana. Namun meski sederhana, dalam sebuah wawancara media di Amerika Irina mengaku bahwa justru hal sederhana inilah yang merupakan bagian yang paling sulit untuk dicapai.

4. Hanya Membutuhkan Waktu yang Singkat
Dalam membuat sebuah logo yang akan mendunia, kita umumnya akan berfikir kalau logo yang akan dibuat itu akan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Namun hal tersebut tidak berlaku pada logo android yang diciptakan oleh Irina. Irina mengaku tak membutuhkan waktu lama untuk membuat logo android atau si robot hijau tersebut ketika telah mendapatkan inspirasi. Setelah ia melahirkan konsep robot hijau tersebut, ia kemudian menyampaikan ke para pengembang perusahaan Google lainnya untuk dikembangkan lebih jauh lagi.

Proses pengembangan kreasi awal Irina oleh tim desainer Google berlangsung cepat dan tetap mempertahankan konsep awal yang sederhana, dengan tujuan agar siapapun dapat melakukan kustomisasi terhadap logo sederhana tersebut seperti halnya sistem operasi Android yang bersifat Open Source.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar