Laman

Sabtu, 23 Mei 2015

Tips Merawat Hardisk Dari Kerusakan

Tips Merawat Hardisk Dari Kerusakan
Hardisk merupakan salah satu perangkat keras yang berperan penting dalam komputer, hardisk berfungsi sebagai penyimpan data secara permanen. Pada hardisk inilah semua data yang sudah kita kerjakan setiap hari disimpan dan suatu saat dapat kita buka kembali jika belum kita hapus. Tidak terbayang jika hardisk yang kita gunakan untuk menyimpan data kita sehari-hari itu mengalami kerusakan, apalagi jika data yang kita simpan itu data yang sangat penting sekali.

Jika hardisk kita yang kita gunakan mengalami kerusakan, maka semua data yang tersimpan pun tidak dapat dikembalikan lagi alias hilang begitu saja. Syukur-syukur jika kita telah membuat backup-an data sebelum hardisk itu rusak. Nah, maka merawat hardisk sangat lah penting kita lakukan jika tidak ingin hal yang saya sampaikan tadi terjadi, berikut ini adalah tips yang dapat saya bagikan dan tentunya penting sekali untuk kalian ketahui dalam merawat hardisk.

1. Install Program yang Dibutuhkan Saja
Menginstall program pada komputer sebaiknya tidak asal install saja, pilihlah program yang benar-benar kalian butuhkan. Terlalu banyak menginstall program yang tidak kalian butuhkan hanya dapat mengurangi kapasitas hardisk dan menurunkan kinerja hardisk, karena hardisk akan selalu bekerja untuk membaca program  tersebut, terlebih lagi jika kapasitas hardisk kita sudah sangat sempit, tentu akan mengakibatkan kerusakan pada hardisk.
Maka install-lah program-program yang kalian butuhkan saja dan jika sudah terlanjur menginstall program yang tidak kalian butuhkan, segeralah uninstall program tersebut.

2. Defrag Hardisk Secara Berkala
Defragment adalah hal penting yang harus kalian ketahui, hal ini juga penting kalian lakukan dalam merawat hardisk kalian. Defragment berfungsi untuk menyusun kembali file-file atau data-data yang ada pada komputer ke posisi semula untuk mencegah terjadinya bad sector.
File atau data pada komputer pasti akan terjadi fragmentasi yang akan memberatkan hardisk dan dapat menyebabkan bad sector, maka disinilah defrag berperan untuk mencegah hal itu terjadi.

3. Jangan Terlalu Sering Install Ulang OS
Perlu kalian ketahui menginstall ulang OS terlalu sering dapat menyebabkan hardisk kita rusak juga, karena pada saat kita menginstall ulang OS, hardisk akan sangat bekerja keras sekali, hal ini dapat kita lihat dari indikator lampu hardisk yang berkedip cepat, itu menandakan hardisk sedang bekerja keras.
Maka install OS hanya perlu kita lakukan jika sistem operasi kita mengalami kerusakan dan tidak ada solusinya, sehingga kalian diharuskan untuk menginstall ulang OS.

4. Gunakan UPS atau Stabilizer
Tips yang terakhir ini penting untuk kalian ketahui, UPS disini berguna sekali jika sewaktu-waktu listrik yang kita gunakan tiba-tiba padam, jika listrik tiba-tiba padam UPS akan menyimpan listrik sementara, untuk kita gunakan mematikan komputer kita agar tidak mati mendadak. Perlu kalian ketahui juga, jika tidak menggunakan UPS, listrik yang padam secara tiba-tiba akan membuat hardisk terkejut, yang dapat menyebabkan goresan pada bagian dalam hardisk, sehingga hardisk yang kita gunakan pun rusak.
Sedangakan Stabilizer berguna sekali untuk menjaga arus yang masuk ke komputer kita agar tetap stabil, jika arus yang masuk terlalu besar, tentunya akan membuat komponen pada hardisk bekerja secara tidak normal yang pada akhirnya dapat merusak hardisk kita. Maka UPS dan Stabilizer sangat berperan penting untuk menjaga hardisk dari kerusakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar