Laman

Senin, 18 Mei 2015

4 Fakta Penting Tentang Refresh (F5) pada Komputer

Banyak sekali orang-orang yang salah akan fungsi refresh, kebanyakan dari mereka menganggap bahwa refresh dapat meningkatkan kinerja komputer atau agar komputer kita bejalan dengan cepat. Hal seperti itu sudah menjadi kebiasaan setiap orang yang menggunakan komputer, lantas apa sih fungsi refresh yang benar? 

Sebenarnya refresh berfungsi hanya untuk memperbarui tampilan atau memuat kembali tampilan yang ada pada desktop ataupun dalam folder setelah terjadi suatu perubahan. Refresh tidak berfungsi untuk membersihkan komputer kalian, menyegarkan atau meningkatkan kinerja komputer kita. Ada beberapa fakta mengenai refresh ini, berikut ulasannya.

1. Me-refresh Desktop Tidak Akan Meningkatkan Kinerja Komputer
Fakta yang pertama adalah kebenyakan pengguna komputer beranggapan bahwa me-refresh dapat meningkatkan kinerja komputer kita. Anggapan itu salah besar, me-refresh tidak akan dapat meningkatkan kinerja komputer kita, justru jika kita terlau sering me-refresh yang ada komputer kita akan menjadi berat dan ujung-ujungnya akan menjadi hang.

2. Sering Me-refresh Akan Membebani Processor dan Menaikan Suhu Processor
Keseringan me-refresh tidak akan meningkatkan kinerja komputer kita, justru malah akan membebani processor komputer kita yang berujung pada meningkatnya suhu processor. Jika kalian tidak percaya, coba gunakan software pengukur suhu processor dan juga lihat pada Task Manager ketika kita me-refresh CPU Usage kita akan meningkat hingga 100%. Terbayang bukan jika kita terus-terus me-refresh, tentunya processor kita akan sangat terbebani.

3. Me-refresh Komputer Tidak Akan Mempercepat Loading Suatu Situs
Fakta yang selanjutnya ini adalah fakta yang paling konyol, tidak sedikit dari kita beranggapan bahwa me-refresh desktop akan mempercepat atau mempersingkat loading pada suatu situs. Tentunya anggapan itu salah total, kecepatan loading suatu situs tentunya adalah pengaruh dari kecepatan internet yang kita gunakan. Kecuali kita me-refresh langsung di browser tersebut di karnakan situs yang kita buka tidak sepenuhnya terload atau terbuka.

4. Keseringan Me-refresh Dapat Membuat Komputer Hang
Fakta yang terakhir adalah me-refresh dapat membuat komputer kita hang, kok bisa? Tentu hal itu dapat terjadi, karena jika kita keseringan me-refresh tentunya processor kita akan terbebani sehingga komputer kita dapat menjadi hang. Coba kalian perhatikan pada Task Manager, jika kalian me-refresh 1x saja CPU Usage kita sudah mencapai 100%. Nah terbayang bukan jika kita melakukannya berkali-kali.

Jadi, kebiasaan me-refresh berkali-kali tentunya harus dihentikan atau minimal dikurangi. Me-refresh cukup digunakan ketika kita memperbarui tampilan desktop atau merename sebuah file yang kemudian nama dari file tersebut belum berganti, maka kalian dianjurkan untuk melakukan refresh, akan tetapi cukup satu kali saja, tidak perlu berulang-ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar